Tips Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat

Tips Cara Berhenti Merokok Dengan Cepat | Blog Kang Hamzah - Merokok sudah menjadi kebiasaan bagi orang-orang pada umumnya. Rokok sudah dianggap seperti kebutuhan primer yang mutlak harus ada bagi pecandunya. Why? Lihat saja, orang-orang yang sudah kecanduan lebih memilih beli rokok dari pada beli makan. Padahal, kalau dipikir-pikir sebenarnya mereka juga paham betul bahayanya rokok seperti apa. Gimana pun yang namanya udah kecanduan ya sulit untuk menghentikannya.

Jika shobat memang sangat menggemari rokok dan masih berada dalam taraf yang ringan sebaiknya mulai sekarang berhenti merokok atau menyesal kemudian.

Buat shobat yang udah sadar dan mau insaf sebaiknya ikuti tips-tips ini aja dech biar cepet berhenti merokok. Baca baik-baik tips berhenti merokok dengan cepat dibawah ini :

Tips Cara Cepat Berhenti Merokok

1. Pahami Alasan Shobat Berhenti Merokok
Keputusan shobat untuk berhenti merokok memang sangat baik, tapi apakah shobat tahu mengapa shobat melakukannya? Alasan umum seperti “merokok buruk bagi kesehatan” saja terkadang tidak cukup. Untuk menciptakan tekad dan motivasi diri yang kokoh, shobat butuh suatu alasan yang kuat dan bersifat pribadi. Misalnya, mungkin shobat ingin melindungi keluarga shobat dari bahaya racun yang disebabkan asap rokok? Mungkin juga shobat takut terkena kanker paru-paru, atau shobat ingin terlihat Iebih muda dan merasa Iebih sehat? Pilihlah suatu alasan yang cukup kuat bagi shobat untuk menjadi pegangan di kala shobat menghadapi kesulitan nantinya saat berhenti merokok.

2. Pilihlah Terapi Yang Sesuai Dengan Kondisi Shobat
Apakah shobat pernah mendengar istilah “cold turkey”? lstilah tersebut digunakan bagi perokok yang berhenti merokok secara total dan langsung (tidak bertahap). Mungkin cara ini terdengar menarik, karena  shobat tinggal membuang seluruh rokok shobat dan mendeklarasikan bahwa shobat sudah berhenti merokok. Mudah bukan? Jangan salah, teknik “cold turkey”belum tentu berhasil untuk semua orang, karena hal tersebut tidaklah mudah untuk dilakukan. Di antara mereka yang berusaha berhenti merokok tanpa bantuan terapi atau pengobatan, sebanyak 95% akhirnya kambuh lagi untuk merokok. Ingat, merokok adalah suatu adiksi (kecanduan). Otak seorang perokok membutuhkan nikotin lebih dan lebih lagi agar dapat berkonsentrasi dengan baik. Ketika tidak ada asupan nikotin dari rokok (karena perokok berhenti mendadak), gejala putus nikotin bisa terjadi, dan dibutuhkan kesabaran dan motivasi yang sangat kuat untuk melawannya.

3. Berkonsultasilah Dengan Dokter Untuk Menjalankan Terapi Berhenti Merokok
Di pasaran memang terdapat beberapa produk untuk membantu mereka yang ingin berhenti. Namun, produk-produk seperti permen karet atau nicotine patch ini tidak selamanya efektif membantu shobat berhenti merokok, karena produk ini pada esensinya hanya menjadi sumber nikotin lain untuk tubuh shobat (tidak mengurangi atau menghentikan kecanduan nikotin). Saat ini telah tersedia obat yang terbukti efektif untuk membantu berhenti merokok. Cara kerjanya adalah dengan menduduki reseptor nikotin di otak, sehingga ketika shobat merokok, nikotin yang masuk tidak lagi memberikan rasa nikmat, dan pada akhirnya mengurangi minat shobat untuk merokok. Selain itu obat ini juga membantu mengurangi gejala putus nikotin, seperti depresi dan sulit berkonsentrasi. Untuk mengetahui Iebih lanjut tentang terapi berhenti merokok termasuk penggunaan obat, berkonsultasilah dengan dokter shobat. Ingat, obat ini termasuk obat keras, jadi jangan gunakan obat ini tanpa pengawasan dokter.

cara alami berhenti merokok dengan cepat, tip berhenti merokok, cara alami berhenti merokok, gambar lucu orang tua merokok
Orang Tua Merokok Lucu


4. Jangan Melakukan Perjuangan Ini Sendirian
Sekalipun perokok yang memiliki semangat yang besar untuk berhenti merokok pasti merasakan susahnya berhenti merokok tanpa dukungan dari sekitarnya. Untuk berhenti merokok memang bukan suatu hal yang mudah, dan dukungan dari keluarga, teman, rekan kerja, dan lingkungan pergaulan lainnya menjadi faktor yang turut berperan penting dalam mensukseskan usaha ini.

5. Bersikap Bijak Dalam Menghadapi Stress
Salah satu alasan orang merokok adalah karena nikotin membuat mereka merasa nyaman dan rileks. Ketika shobat berhenti merokok, shobat membutuhkan cara lain untuk mengatasi stress. Tak ada salahnya shobat mencoba ke spa untuk mendapatkan pijit terapi / relaksasi, mendengarkan lagu yang menenangkan, atau mempelajari yoga. Sebisa mungkin, hindari situasi yang membuat shobat stress selama minggu-minggu pertama shobat berhenti merokok.

6. Hindari Kebiasaan Yang Membuat Shobat Merokok
Beberapa aktivitas tertentu dapat memicu keinginan shobat untuk merokok. Misalnya, kebiasaan minum kopi di pagi hari sambil merokok. Jika shobat terbiasa melakukannya, cobalah mengganti kopi dengan teh selama beberapa minggu. Jika shobat terbiasa merokok setelah makan, cobalah mencari kegiatan lain untuk dilakukan setelah makan, misalnya menyikat gigi atau mengunyah permen karet bebas gula.

7. Bersihkan Rumah Shobat Yang Menyangkut Rokok
Buanglah semua atribut rokok seperti bungkus rokok, asbak, dan korek api shobat. Cuci semua baju/pakaian yang berbau rokok, dan bersihkan karpet, gorden, dan perabotan lain yang dibuat dari kain yang dapat menyerap bau rokok. Gunakan pengharum dan penyegar ruangan untuk membantu shobat menghilangkan bau rokok di rumah shobat, sebab bau rokok akan merangsang shobat untuk kembali merokok.

8. Olahraga Teratur
Aktivitas fisik dapat mengurangi ketagihan terhadap rokok dan membantu shobat mengatasi gejala putus nikotin. Ketika shobat merasa ingin merokok, segera alihkan energi shobat untuk berlari,atau berjalan cepat, bersepeda, atau bersepatu roda. Tak perlu olahraga yang berat, cukup yang intensitasnya sedang saja, misalnya mengajak hewan peliharaan shobat berkeliling lingkungan atau mencabut rumput liar di halaman rumah shobat. Kalori ekstra yang shobat bakar juga akan membantu mencegah terjadinya kenaikan berat badan yang mungkin terjadi saat shobat berhenti merokok.

9. Perbanyak Mengkonsumsi Buah Dan Sayur
Jangan mencoba untuk berdiet ketika shobat berhenti merokok. Terlalu banyak larangan/batasan bisa berbalik merugikan rencana awal shobat. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi buah, sayur, dan produk susu rendah lemak. Sebuah penelitian yang dilaksanakan oleh Duke University menyatakan bahwa makanan-makanan ini membuat rasa rokok menjadi tidak enak. Hal ini akan membantu shobat melawan ketagihan sekaligus memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk melawan penyakit.

Cukup simplekan cara berhenti merokok? Memang untuk melakukan hal ini tidaklah mudah. Tapi selagi shobat punya keinginan yang kuat pasti bisa. Ingatlah bahwa menjaga kesehatan itu lebih penting shobt. SO, SAVE YOUR HEALTH. Terima kasih.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==