Mantan Presiden Amereca , Obama Kaget saat Di Candi Borobudur

Kesan menarik yang didapat wisatawan waktu bertandang ke Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, jadi sukacita sendiri untuk beberapa petugas Balai Konservasi Borobudur (BKB). Terlebih bila yang berkesan yaitu bekas Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama. 

Mantan Presiden Amereca , Obama Kaget saat Di Candi Borobudur
Mantan Presiden Amereca , Obama Kaget saat Di Candi Borobudur
Mura Aristina, satu diantara petugas BKB yang ditunjuk jadi pendamping Obama sepanjang ada di Candi Borobudur, Rabu (28/6/2017) sore, menjelaskan, Obama begitu ketertarikan mendengar cerita patung Kunto Bimo di Candi Borobudur. 

Waktu itu, Mura menceritakan pada Obama kalau patung yang ada didalam stupa berongga iris ketupat di lantai ke-7 dari 10 Candi Borobudur bagian timur itu mempunyai mitos yang begitu popular di Borobudur. 

" Konon bila orang dapat menyentuh patung itu sembari mengucap hasrat, jadi juga akan terwujud hasrat itu, " katanya, Rabu petang. 


Tetapi, karna banyak disentuh wisatawan, patung itu makin rusak. Terlebih dengan beragam tingkah wisatawan yang nekat memanjat serta memijak stupa walau telah dilarang. 

" Untuk kelestarian, kami mengambil keputusan untuk buat pagar. Karna makin banyak dipegang jadi candinya juga akan rusak tentu, " kata Mura. 

Mura juga mengakui bercerita pengalaman pengunjung anak-anak yang sempat terjepit stupa karena masih tetap memanjat menginginkan memegang Kunto Bimo. Tersebut penyebabnya, BKB mengambil keputusan untuk memagari stupa ini. 

" Sekitaran 4 th. lantas ada anak yang kepalanya terjepit di stupa itu hingga tidak dapat keluar. Mendengar keterangan itu, mereka kaget, begitu ekspresif, " ungkap Mura. 

Pada rombongan Obama, Mura mengakui menerangkan mengenai Candi Borobudur pada umumnya, seperti sistem pembangunan, sosok yang membuat, susunan bangunan candi sampai membaca sedikit relief candi mengenai biografi Buddha. Menurutnya, semuanya peserta rombongan Obama demikian ketertarikan serta aktif ajukan pertanyaan. 

" Beliau kagum pada candi, memanglah hebat sekali, bagaimana candi dibuat dari dua juta potongan batu dapat dikunci keduanya, " tuturnya. 

Pada lawatannya itu, lanjut Mura, Obama pernah berfoto-foto diantaranya di satu pojok di lantai 7 Candi Borobudur dengan latar belakang stupa induk. Lantas berfoto di dengan panorama bukit Menoreh. 

" Hingga di stupa induk (puncak), ia menyebutkan kalau Candi Borobudur begitu indah sekali, di dukung dengan kondisi lingkungan yang damai sekali, aku terangkan kalau sekitaran borobudur itu memanglah sawahnya banyak, jadi hijau, " pungkas Mura.

http://regional.kompas.com/read/2017/06/29/07544791/saat.obama.kaget.di.candi.borobudur.
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==